Kaldu Ayam MPASI Untuk Si Bayi

MPASI atau makanan pendamping ASI umumnya diberikan pada bayi setelah usianya beranjak 6 bulan. Pemberian MPASI pada bayi dilakukan seiring bertambahnya  kebutuhan gizi lebih yang diperlukan bayi untuk perkembangan tubuhnya yang optimal. Karena, pemberian ASI saja dirasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi pada bayi. Meskipun demikian, WHO merekomendasikan pemberian ASI tetap diperlukan hingga usia bayi mencapai 2 tahun.

Tidak semua makanan non ASI dapat diberikan pada bayi, pemilihan makanan pendamping ASI tentunya menjadi hal penting, agar kita tidak salah memilih makanan untuk si buah hati. Pemilihan makanan yang mudah dicerna menjadi kunci utama dalam MPASI, selepas bayi berusia 6 bulan. Banyaknya kebutuhan gizi yang diperlukan, tidak cukup hanya dengan pemberian ASI saja.  Bayi membutuhkan banyak vitamin, protein, karbohidrat, dan mineral ketika usianya beranjak 6 bulan.

Bayi yang bisa diperkenalkan dengan MPASI biasanya dapat dilihat ketika bayi mulai tertarik dengan makanan dan melirik orang sekitar ketika sedang makan. Adapun hal lainnya, bayi sudah mulai bisa duduk tanpa bantuan serta mengangkat dan menahan kepalanya dengan seimbang. Pada usia 6 bulan juga, tak jarang bayi sudah mulai tumbuh gigi, artinya bayi sudah mulai bisa menelan makanan untuk masuk ke tenggorokannya.

WHO merekomendasikan pemberian makanan pada bayi yang berusia 6 bulan merupakan waktu yang tepat. Karena, pada usia 6 bulan bayi sudah mulai memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik dan juga sistem pencernaan yang kuat. Pemberian makanan pada bayi juga merupakan salah satu cara untuk mengurangi resiko bayi mengidap alergi pads makanan. Pemberian MPASI membiasakan bayi mengenal makanan, Sehingga bayi terhindar dari alergi yang disebabkan oleh makanan.

Kaldu ayam menjadi alternatif makanan yang mudah untuk dibuat sebagai MPASI untuk bayi. Selain bahan – bahannya yang mudah didapat. Kita juga tidak memerlukan alat yang rumit untuk proses pembuatannya. Demi menjaga kehigenis an makanan, kita dapat membuat kaldu ayam di rumah tanpa perlu membelinya diluar . Berikut beberapa tips yang akan kami jelaskan untuk membuat kaldu ayam di rumah .

Alat dan Bahan yang diperlukan :

  1. Panci presto
  2. Mangkuk atau BKA (Botol Kaca Asi)
  3. 1 ekor ayam yang telah dicuci bersih ( lebih baik ayam kampung)
  4. 2 wortel besar, yang sudah dipotong kecil – kecil dan dicuci bersih
  5. 8 ceker ayam kampung yang telah dicuci bersih bila perlu

Cara membuat :

  1. Masukan semua bahan yang telah dicuci bersih kedalam presto (ayam kampung, ceker, dan wortel)
  2. Tambahkan air matang secukupnya pada presto
  3. Tutup presto, lalu nyalakan api dan tunggu kurang lebih 30 menit
  4. Setelah 30 menit, ulangi kembali 2-3 kali, sampai kaldu benar – benar menjadi pekat
  5. Diamkan sejenak hingga suhu pada kaldu menurun
  6. Tuangkan kaldu pada mangkuk atau BKA. Kaldu siap dihidangkan

Campuran wortel pada kaldu digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ayam dan juga untuk membuat aroma kaldu lebih wangi. Perlu diperhatikan. Jangan lupa kaldu terlebih dahulu disaring, supaya tulang – tulang kecil yang tersisa pada saat proses memasak kaldu tidak ikut tercampur ketika akan dihidangkan pada bayi. Selain kaldu, terdapat beberapa makanan yang dapat dijadikan MPASI untuk bayi. Diantaranya sereal bayi, sup, bubur dan lainnya. Selamat mencoba semoga bermanfaat

Previous post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *